5 Tanda Bahwa Smartphone Android Kamu Terkena Malware, Nomor 3 Bikin Kantong Kering

5 Tanda Bahwa Smartphone Android Kamu Terkena Malware, Nomor 3 Bikin Kantong Kering

 

5 Tanda Bahwa Smartphone Android Kamu Terkena Malware, Nomor 3 Bikin Kantong Kering

5 Tanda Bahwa Smartphone Android Kamu Terkena Malware, Nomor 3 Bikin Kantong Kering

Virus dan malware adalah program jahat yang biasa menyerang para pengguna komputer, terutama yang ber-OS Windows. Itu karena Windows adalah sistem operasi dengan jumlah pengguna yang sangat banyal, dan juga rentan tentunya. Karenanya, banyak orang iseng yang membuat virus serta malware untuk mengeruk keuntungan.

Nah, mengingat android juga sistem operasi dengan jumlah pengguna yang banyak, maka tidak menutup kemungkinan adanya malware dan virus yang siap menyerang. Jika smartphone kamu mengalami gelagat aneh seperti 5 hal dibawah ini, bisa jadi smartphone kesayangan kamu sudah terinfeksi virus.
Baterai tiba-tiba jadi cepat habis

Smartphone kamu belum terlalu lama, jadi baterainya masih dalam kondisi prima. Tapi tiba-tiba baterai smartphone jadi ngedrop? Aneh. Mungkin itu bisa jadi salah satu tanda bahwa smartphone kamu sudah terinfeksi malware.

Salah satu untuk memastikannya adalah, kamu bisa mencari tahu aplikasi apa saja yang memakan baterai kamu

terlalu banyak. Cara mengetahui hal tersebut bisa kamu ketahui caranya dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengetahui Aplikasi yang Bikin Baterai Smartphone Jadi Boros

Jika tidak ada aplikasi yang mencurigakan dan memakan terlalu banyak baterai, semakin besar kemungkinan bahwa smartphone kamu sudah terserang malware.
Smartphone tiba-tiba jadi lemot

Jika ada malware yang mencoba menjalankan pekerjaan berat di smartphone kamu, tentu performa smartphone kamu akan menjadi lemot secara tiba-tiba. Mulai dari loading lambat, aplikasi hang, dan waktu booting yang sangat lama.

Jika sebelumnya smartphone kamu terasa cepat tapi tiba-tiba terasa lambat, berhati-hatilah. Bisa jadi smartphone kesayangan kamu itu sudah terkena malware.
Paket internet kamu jadi cepat habis

Salah satu hal paling mengerikan jika smartphone kamu terkena malware adalah, paket internet kamu akan jadi cepat habis. Baru kemarin isi paket data, tapi tiba-tiba hari ini sudah habis? Padahal kamu tidak pernah pakai untuk streaming ***Tube?

Nah, itu kemungkinan besar bahwa smartphone kamu sudah terkena malware. Untuk mengetahui aplikasi yang

menggunakan data internet, kamu bisa menggunakan 5 aplikasi dibawah ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Memonitor Penggunaan Internet di Smartphone Android
Tiba-tiba ada iklan yang mengganggu

Jika terkena malware, smartphone kamu juga tiba-tiba akan dibanjiri oleh iklan-iklan yang tiba-tiba muncul. Entah dari mana datangnya. Memang, banyak aplikasi gratis yang menampilkan iklan. Tapi iklan-iklan itu hanya muncul ketika ketika menggunakan aplikasinya.

Jika ada iklan pop up, iklan notifikasi, dan iklan lainnya yang muncul padahal kamu sedang tidak menggunakan aplikasi apapun, itu adalah salah satu ciri bahwa smartphone sudah terkena malware.
Ada aplikasi asing di smartphone

Tiba-tiba ada aplikasi muncul di smartphone kamu padahal kamu tidak pernah merasa mendownloadnya? Bisa jadi aplikasi tersebut di install oleh malware iseng yang sudah menginfeksi smartphone kesayang kamu itu.

Untuk meyakinkan kamu apakah smartphone kesayangan telah di infeksi malware atau tidak, kamu bisa memindai

smartphone dengan menggunakan aplikasi antivirus yang banyak tersedia di Google Play.

Baca juga: 5 Aplikasi Antivirus Terbaik di Tahun 2017

Itu dia 5 tanda bahwa smartphone androi kamu sudah terkena malware. Jika sudah begitu, kamu perlu waspada dan membersihkannya dengan menggunakan aplikasi antivirus.

Selamat malam.

Baca Juga: