Kurang Tidur Itu Berbahaya

Kurang Tidur Itu Berbahaya

Kurang Tidur Itu Berbahaya

Setelah melakukan banyak aktivitas, kita pasti memerlukan istirahat untuk memulihkan kembali energi yang telah terpakai. Salah satu bentuk istirahat tersebut adalah tidur. Tahukah anda bahwa kurang tidur mempunyai dampak negatif bagi kesehatan? Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kurang tidur.

Sistem imun lemah

Kualitas tubuh pada orang yang kurang tidur tentu berbeda dengan orang yang cukup tidur. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang cukup istirahat (tidur) memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Stres meningkat

Menurut penelitian dikemukakan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam dapat meningkatkan produksi kortisol (hormon stres) sehingga akan mudah marah, sedih, serta kelelahan mental.

Tubuh ’Melar’ karena hasrat ngemil tinggi

Kurang tidur bisa mengganggu kadar gula darah dan menyebabkan tubuh memproduksi sedikit leptin (hormon pengendali nafsu makan), sehingga keinginan makan makanan berlemak dan tinggi karbohidrat akan meningkat. Inilah yang menyebabkan Anda menginginkan asupan kalori tinggi.

Resiko terserang diabetes

Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam tubuh Anda. Jika proses pengolahannya terganggu bisa menyebabkan efek buruk. Dalam penelitian ditemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam per malam, akan mengalami proses metabolisme gula yang tidak semestinya sehingga dapat menyebabkan timbulnya diabetes.

Mempengaruhi kesehatan kulit

Rata-rata orang yang kurang tidur akan mengalami kulit pucat dan terdapat lingkaran hitam pada mata. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon stres yang lebih banyak. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat mencegah kolagen kulit atau protein yang membuat kulit tetap halus atau elastis.

Resiko terserang penyakit kronis

Beberapa penyakit kronis yang disebabkan karena kurang tidur yaitu arthritis (sakit kronis pada punggung), penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi bahkan kanker.

* Konsentrasi menurun

Kurang tidur akan mempengaruhi konsentrasi, kewaspadaan, penalaran dan pemecahan suatu masalah. Misalnya waktu tidur digunakan untuk mengerjakan tugas, pasti tugas yang anda kerjakan menjadi sulit dan tidak efisien. Selain itu, anda tidak akan mampu mengingat apa yang anda kerjakan pada keesokan harinya.

Setelah mengetahui beberapa dampak yang diperoleh bila kurang tidur, diharapkan anda dapat merubah pola tidur yang lebih sehat. Karena kesehatan sangat mahal harganya.

Baca Juga :