Sistem Ekonomi Pengertian dan Macamnya Secara Lengkap

Sistem Ekonomi Pengertian dan Macamnya Secara Lengkap

Sistem Ekonomi

Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan sistem yang mengatur dan menjalani hubungan ekonomi antarmanusia dengan lembaga pemerintahan dalam suatu tatanan kehidupan bernegara. Menurut Adam Smith (Bapak Ekonomi) sistem ekonomi adalah bahan kajian yang mempelajari upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dalam mengikatkan kesejateraan. Menurut Dumairy, pakar ekonomi Indonesia, sistem ekonomi merupakan suatu sistem yang mengatur dan menjalani hubungan ekonomi antarmanusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan.

Sistem ekonomi yang diterapkan pada setiap negara berbeda-beda. Perbedaan tersebut disebabkan beberapa faktor antara lain budaya bangsa, ideologi negara yang bersangkutan, dan pola hidup masyarakat. Dari berbagai sistem ekonomi yang diterapkan negara-negara di dunia, fungsi sistem ekonomi dalam perkenomian antara lain:

1. Menjadi perangsang bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan produksi

2. Menyediakan metode untuk mengoordinasi kegiatan individu dalam perekonomian

3. Menyediakan mekanisme tertentu agar hasil produksi dapat dibagi secara merata.

Macam-Macam Sistem Ekonomi

Apa saja jenis sistem ekonomi yang berkembang disuatu negara? sistem ekonomi yang berkembang dalam kehidupan bernegara sebagai berikut.

 

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional adalah sistem yang menitikberatkan pada kebiasaan dan adat istiadat dalam menjalankan perekonomiannya. Keberadaan sumber daya alam sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dari sumber daya alam tersebut, suatu kelompok berberan sebagai produsen sekaligus konsumen. Hal ini disebabkan kegiatan pemenuhan kebutuhan didasarkan pada pemenuhan jangka pendek agar dapat bertahan hidup Di beberapa daerah terpencil (pedalaman) sistem ini masih berlaku, misalnya pasar barter Wulandoni dan Labala, Nusa Tenggara Timur.

 

Sistem ekonomi tradisional memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

a. Menerapkan sistem barter dalam kegiatan pertukaran atau perdagangan

b. Belum terdapat pembagian kerja (Spesialisasi) dalam kegiatan ekonomi

c. Kegiatan ekonomi terkait pada adat istiadat atau kebiasaan masyarakat

d. Teknik produksi dipelajari secara turun-temurun dan masih bersifat sederhana

e. Kekayaan alam terutama tanah dan hutan menjadi sumber penghidupan utama

f. Pola hidup masyarakat bersifat kekeluargaan

g. Alat atau teknologi produksi masih bersifat sederhana.

Pada pelaksanaannya, sistem ekonomi tradisional memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan sistem ekonomi tradisional antara lain tidak terdapat persaingan ekonomi tidak sehat, perekonomian masyarakat cenderung stabil, tidak menimbulkan tekanan psikologis bagi masyrakat, serta membentuk kehidupan masyarakat yang menjunjung keberasaan.

Kelemahan pada sistem ekonomi tradisonal antara lain kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan saat ini, teknologi yang digunakan masih bersifat sederhana, kualitas barang hasil produksi rendah, kegiatan ekonomi bukan meningkatkan taraf hidup karena hanya memenuhi kebutuhan saat ini, kegiatan ekonomi tidak ditunjukan untuk mencari keuntungan, menganggap tabu terhadap perubahan sehingga sulit berkembang, serta alokasi sumber daya ekonomi dilakukan secara tidak efisien

2. Sistem Ekonomi Terpusat/Komando

Sistem ekonomi terpusat (komando) adalah sistem ekonomi yang menitikberatkan pada kekuasaan pemerintah dalam mengatur dan menata perekonomian negaranya. Peran pemerintah dalam sistem ekonomi ini sangat dominan. Artinya, seluruh kegiatan ekonomi direncakan, diatur, dan diorganisasikan pemerintah pusat untuk dilaksanakan masyrakat. Dalam hal ini pemerintah berperan sebagai pengambil keputusan, sementara masyarakat berperan sebagai pelaksana. Dasar yang digunakan dalam sistem ekonomi terpusat merupakan ajaran sosialis Karl Marx. Negara yang pernah menganut sistem ekonomi terpusat adalah Rusia, Tiongkok, Korea Utara, Vietnam, dan Kuba.

Ciri-ciri sistem perekonomian terpusat sebagai berikut.

a. Sumber daya ekonomi dikuasi dan dimiliki negara.

b. Regulasi ekonomi diatur dan ditetapkan pemerintah (central planning)

c. Jenos pekerjaan dan pembagian kerja ditetapkan dan diatur pemerintah

d. Kebebasan dalam berekonomi bagi masyarakat sangat terbatas

e. Hak milik pribadi tidak diakui

f. Tingkatan harga dan bungan ditentukan pemerintah

Pada pelaksanaanya, sistem ekonomi terpusat memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan yang terdapat pada sistem ekonomi terpusat antara lain pemerintah baertanggung jawab terhadap jenis dan kegiatan ekonomi, pemerintah mengatur,mengendalikan, dan mengawasi tingkat harga di pasar, pemerintah mengatur distribusi barang hasil produksi, kondisi perekonomian relatif stabil dan jarang terjadi krisis ekonomi serta terwujudnya distribusi pendapatan secara adil dan merata.

Sumber Meteri Belajar : https://www.murid.co.id/