SKILL OF TOEFL STRUCTURE TEST

SKILL OF TOEFL STRUCTURE TEST

SKILL OF TOEFL STRUCTURE TEST

 

Dalam artikel kali ini saya akan mencoba membahas masalah

lima tahap skill dalam TOEFL bagian writing, biasanya 5 tahap ini digunakan dalam latihan – latihan test TOEFL. Tahap pertama adalah subject and verb, tahap kedua adalah object preposition, tahap ketiga adalah present participle, tahap ke empat adalah past participle dan kelima adalah coordinate connector. Penjelasan tahap – tahap diatas dibahas dibawah ini :

1. Subject and Verb

Penggunaan kata kerja dan kata subjek biasa digunakan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan dalam kalimat berbahasa Inggris kata kerja atau verb dan subject tidak dipakai atau digunakan, digunakan subject tetapi tidak digunakan verb, kemungkinan juga digunakan verb tetapi tidak ada subjectnya atau terdapat kalimat yang menggunakan subject dan verb lebih dari satu.

Contoh :

# Farmers…………to plant vegetables and rice
a) necessary
b) are needed
c) hopefully
d) next month
Kalimat di atas sudah mempunyai subjek (farmers), hanya saja tidak mempunyai kata kerja. Olehnya yang dibutuhkan untuk mengisi jawabannya yaitu sebuah kata kerja. Dari ke empat jawaban yang tersedia hanya satu yang berbentuk kata kerja yaitu jawaban b) are needed.  Jadi jelaslah bahwa jawabannya adalah b. Necessary (kata sifat), hopefully (kata keterangan/adverb), next month (kata keterangan/adverb).
#……………….was backed up for miles on the freeway.
a) Yesterday
b) In the morning
c) Traffic
d) Cars
Dari contoh di atas, terdapat sebuah kata kerja (was), tapi tidak terdapat subjek. Maka jawaban yang paling tepat yaitu c) Traffic. Jawaban a), dan b) tidak termasuk dalam kategori subjek. Untuk Kata keterangan waktu seperti yesterday, in the morning tidak boleh menjadi subjek. Sementara jawaban d) juga salah karena cars berbentuk jamak sehingga tidak sesuai dengan kata kerja was (tunggal).

# The plane __________ landing at the airport in five minutes.

(A) it is
(B) it really is
(C) is descending
(D) will be
Kalimat diatas memiliki Subject The plane dan kata kerja landing. Tapi kata kerja landing belum lengkap (not complete verb) dan harus memiliki tobe is untuk menjadikan kata kerja itu kata kerja yang lengkap (complete verb).
Jawaban (A) it is dan (B) it really is salah karena akan ada double Subject it dan plane. Jawaban (C) is descending salah karena ada double subject descending dan landing. Jawaban terbaik adalah (D) will be karena kalau will be di gabungkan dengan landing akan menjadi complete verb.
2. Object Preposition
Objek (apa yang datang setelah) preposition (kata depan) Harus berbentuk kata benda ataupun pronoun (kata ganti). Contoh dari preposition yaitu in, at, of, to, by, on, behind, dan lain-lain.
Contoh :

# With his friends ………. found the movie theater.

a) has
b) he
c) later
d) when
Pada kalimat di atas terdapat kata kerja (found). Sementara subjek tidak terdapat. Olehnya yang kita perlukan dalam pilihan jawaban yaitu subjek. Kata friend dalam kalimat di atas bukanlah subjek dari kalimat karena friend adalah objek dari preposition with. Dari ke empat pilihan di atas hanya pilihan b) he yang bisa dijadikan sebagai subjek. Olehnya jawaban dari kalimat di atas yaitu b) he. Has (verb), later (adverb), dan when (conjunction).
# Mark Twain……….  the years after the Civil War the “Gilded Age.”
(A) called
(B) calling
(C) he called
(D) his calls
Kalimat diatas sudah memiliki Subject yaitu Mark Twain, tapi belum memiliki verb. Jawaban terbaik adalah (A) called karena kalimtanya berbetuk simple past.
# Early…………toes instead of hooves on their feet.
(A) horses
(B) had horses
(C) horses had
(D) horses having
Kalimat diatas belum memiliki Subject dan juga Verb. Jawaban terbaik adalah (C) karena horses Subject dan had verb.
3. Present Participle
Present Participle adalah Verb + ing. Contohnya: studying, driving, cookingPenggunaan Present participle pada Structure section TOEFL test seringkali membuat tidak mengerti, karena fungsingya yang bisa sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja) atau adjective (kata sifat).
Contoh :
# The son of the previous owner, the new owner…… undertaking some fairly broad changes in  management policy
(A) is
(B) now
(C) it
(D) was
Undertaking bukanlah part of a verb tapi adjective.Subject nya adalah film dan verbnya adalah is. Jawaban (B), (C) atau (D) salah karena kalimat diatas sudah memiliki verb. Jawaban terbaik adalah (A) is.
# The film ……… appearing at the local theater is my favorite.
(A) now
(B) is
(C) it
(D) was
appearing bukanlah part of a verb tapi adjective.Subject nya adalah film dan verbnya adalah is. Jawaban (B), (C) atau (D) salah karena kalimat diatas sudah memiliki verb. Jawaban terbaik adalah (A) now.
# The train………..arriving at the station now.
(A) now
(B) is
(C) it
(D) was
Arriving adalah part of a verb karena ditemani oleh is (to be). talking adalah part of a verb karena ditemani oleh are (to be), dan train adalah benda jadi yang cocok adalah (B) tobe (is).
4. Past Participle
Penggunaan dan posisi Past Participle mirip dengan present participle . Bedanya Past Participle berbentuk passive voice (di …). Past participle yaitu Verb III, contoh : purchased, written, taught,dll. Past participle bisa saja menjadi adjective (kata sifat) yang umunya menjelaskan subjek layaknya Appositive atau menjadi bagian dari kata keja (verb) ketika di dahului oleh be (am, is, are, was, were) dan have (have, has, had)
Contoh :
# The family…….purchased a television.
a) have
b) were
c) was
d) has
Pada kalimat diatas berbentuk past participle ‘purchased’ merupakan bagian dari kata kerja karena di dahului appositive oleh have (has), maka jawabannya (d).
# The packages……… mailed at the post office will arrive Monday.
a) have
b) were
c) them
d) just
Jika di lihat sekilas atau hanya awal kalimatnya saja bisa-bisa kita terkecoh dengan menganggap mailed  itu sebagai verb dari kalimat padahal kalau kita lihat kalimatnya selengkapnya maka kita lihat ada verb di sana yaitu will arrive. Jadi dapat kita ketahui bahwa mailed itu bukanlah bagian dari verb melainkan sebagai adjective. Olehnya jawaban a) have dan d) were tidak dibutuhkan oleh mailed -yang berfungsi sebagai adjective. Jawaban c) them (objek tidaklah dibutuhkan. Jadi jawaban paling tepat yaitu (d) just (adverb).
# The loaves of bread……..baked in a brick oven at a low temperature for many hours
a) have
b) were
c) was
d) has
Pada kalimat diatas berbentuk past participle ‘baked’ merupakan bagian dari kata kerja karena di dahului appositive oleh be (were), maka jawabannya (b).
5. Coordinate Connector
Pada skill ini akan dipelajari mengenai bentuk-bentuk kata penghubung coordinate connector serta penggunaannya dalam kalimat. Coordinate connector digunakan untuk  menghubungkan antara satu klausa dengan klausa yang lain. Contoh coordinate connector yang umum yaitu: and, but, or, so, yet
Contoh :
# A power failure occured, ………..the lamps went out.
a) then
b) so
c) later
d) next
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai dua klausa ‘a power failure occured’ dan ‘the lamps went out’. Jadi kalimat tersebut butuh sebuah coordinate connector untuk menghubungkan ke dua klausa tersebut. Dari pilihan jawaban yang ada hanya 1 bentuk connector yaitu so. Jadi jawaban paling tepat yaitu b) so.
# Tom is singing,……….Paul is dancing.

a) then
b) so
c) and
d) next
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai dua klausa yang setara kedudukannya. Jadi kalimat tersebut butuh sebuah coordinate connector untuk menghubungkan ke dua klausa tersebut. Dari pilihan jawaban yang ada hanya 1 bentuk connector yang cocok. Jadi jawaban paling tepat yaitu (c) and.

# Tom told a joke, so Paul laughed.
a) so
b) and
c) later
d) next
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai dua klausa ‘a power failure occured’ dan ‘the lamps went out’. Jadi kalimat tersebut butuh sebuah coordinate connector untuk menghubungkan ke dua klausa tersebut. Dari pilihan jawaban yang ada hanya 1 bentuk connector yaitu so. Jadi jawaban paling tepat yaitu (a) so.

Sumber : https://pengajar.co.id/