SpaceX Akan Luncurkan Kloter Pertama Satelit Starlink

SpaceX Akan Luncurkan Kloter Pertama Satelit Starlink

SpaceX Akan Luncurkan Kloter Pertama Satelit Starlink

Proyek konstelasi satelit internet Starlink milik SpaceX diprediksi akan dimulai.

Sebelumnya proyek ini disebut akan dimulai pada 2020.

Dilansir dari CNET, CEO SpaceX Elon Musk akan meluncurkan kloter pertama satelit Starlink. SpaceX sesungguhnya telah meluncurkan sepasang satelit protipe pada tahun lalu.

Awal minggu ini, Musk mencuitkan gambar dari 60 satelit yang dinaikkan ke dijejalkan ke roket Falcon 9

. Direncanakan roket Falcon 9 akan berangkat dari Pangkalan Udara Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada Rabu (18/12).

Menurut SpaceX COO Gwynne Shotwell, 60 satelit tersebut akan berfungsi sebagai demonstrasi dan uji coba untuk konstelasi satelit.

Lihat juga: NASA Berhasil Kirim Tikus ke Stasiun Luar Angkasa

Musk mengingatkan bahwa ekspektasi untuk peluncuran pertama ini harus dikurangi karena diprediksi

akan banyak terjadi kesalahan.

SpaceX berharap bisa membangun konstelasi satelit yang dinamakan Starlink ke 12 ribu satelit. Pada dasarnya pendekatan baru untuk memberikan konsep internet satelit komersial.

Orbit tinggi atau jauhnya jarak antara satelit dengan Bumi menyebabkan tingkat latensi yang tinggi. Hal ini membuat aktivitas yang membutuhkan latensi rendah seperti panggilan video, atau gaming menjadi sulit karena jeda yang tinggi. Sebab data harus melakukan perjalanan ke ruang angkasa dan kembali berulang kali.

Ide dasar Starlink adalah menggunakan satelit pada orbit yang jauh lebih rendah untuk mengurangi semua jeda waktu itu. Ide yang bagus, tapi tetap ada kendala.

Rendahnya orbit satelit menyebabkan satu satelit hanya bisa menjangkau area yang jauh lebih kecil. Sehingga membutuhkan jumlah satelit yang lebih besar untuk menyediakan layanan ke seluruh penjuru Bumi.

 

Sumber :

https://jilbabbayi.co.id/snipers-vs-thieves-apk/