Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Terdapat beberapa syarat yang diperlukan agar dapat terjadi interaksi sosial. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang syarat terjadinya interaksi sosial, berikut diantaranya :

  1. Kontak Sosial

    Kontak memiliki arti yaitu ‘sama-sama menyentuh’. Syarat terjadinya interaksi sosial yang satu ini yaitu kontak sosial yang akan terjadi jika terdapat terjadi hubungan badaniah. Namun, sebagai gejala sosial tidak perlu berarti adanya hubungan badaniah. Hal ini karena seseorang dapat untuk mengadakan hubungan dengan orang lain tanpa saling menyentuh contohnya pada saat saling menyapa dan juga berbicara dengan memakai bahasa isyarat.

    Dalam kehidupan, manusia sering melakukan kontak dengan orang lainnya. Hal ini tidak dapat untuk dihindari oleh manusia, sebab manusia merupakan makhluk sosial. Wujud kontak tidak mesti harus terjadi persentuhan baik itu secara fisik, namun juga dapat secara verbal atau berupa reaksi pasif seperti simbol. Penyampaian pesan adalah tujuan dari kontak sosial yang dapat dilakukan dengan memakai media lainnya seperti telepon dan lain sebagainya. Komunikator merupakan orang yang bertindak untuk menyampaikan pesan, sedangkan komunikan ialah orang yang bertindak sebagai penerima pesan.

    Kontak dapat bersifat primer atau sekunder. Adapun kontak primer yaitu suatu kontak yang terjadi jika yang mengadakan hubungan secara langsung bertemu serta berhadapan muka. Sedangkan kontak sekunder yaitu kontak yang membutuhkan perantara dapat melalui alat komunikasi. Kontak sosial dapat berlangsung dalam 3 bentuk, antara lain :

    1. Kontak antar individu
      Kontak antar individu merupakan kontak yang terjadi antara individu dengan individu. Misalnya : kontak dengan teman, kontak guru dengan salah satu muridnya, dan lain sebagainya.
    2. Kontak antar individu dengan kelompok, ataupun sebaliknya
      Kontak ini merupakan kontak yang terjadi antara individu dengan kelompok. Misalnya : kontak guru dengan murid di kelas dan lain sebagainya.
    3. Kontak antar kelompok
      Kontak jenis ini adalah kontak yang dilangsungkan antar kelompok. Misalnya : kontak antar tim bola basket, kontak Contoh: kontak bisnis antar perusahaan dan kontak antar tim sepakbola saat bertanding.
  2. Komunikasi

    Kata Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu ‘communicare’ yang berarti berhubungan. Komunikasi ialah berhubungan dengan orang laiin. Pada kontak sosial ini, pengertian komunikasi lebih ditekankan kepada kelompok atau orang yang berinteraksi, sedangkan arti dari komunikasi tersebut lebih ditekankan kepada bagaimana pesan tersebut diproses.

    Komunikasi dapat muncul setelah kontak tersebut berlangsung. Ada kontak belum pasti termasuk komunikasi. Komunikasi mempunyai arti yang luas jika dibandingkan dengan arti kontak, hal ini karena arti dari komunikasi tersebut mempunyai dan menimbulkan penafsiran-penafsiran yang berbeda.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/