Traction Control System Bantu Pengemudi Mobil Saat Hujan

Traction Control System Bantu Pengemudi Mobil Saat Hujan

 

Traction Control System Bantu Pengemudi Mobil Saat Hujan

Fitur keselamatan aktif pada mobil fungsinya untuk meminimalisir potensi kecelakaan

. Contohnya Traction Control System (TCS) berfungsi mencegah roda selip akibat jalan licin saat hujan.

TCS banyak dijumpai pada mobil bukan cuma mobil premium, melainkan roda empat dengan rentang harga Rp200 jutaan juga mulai mengadopsi fitur tersebut.

Sesuai namanya, fitur punya fungsi mengontrol traksi dan menjaga putaran roda agar tak selip

ketika diajak berakselerasi. Fitur ini ada juga yang bisa dimatikan semisal pengemudi ingin roda mobil berputar lebih ‘liar’.

Kinerja TCS bisa dirasakan kerjanya ketika mobil keluar masuk tikungan dan kondisi jalan basah. Di kondisi jalan licin umumnya traksi ban ke aspal berkurang sehingga gejala selip akan mudah terjadi. Saat itu TCS menjaga traksi dan mencegah gejala selip.

Lihat juga: Mengenal 3 Jenis Suspensi Sedan, MPV, dan SUV

Saat bekerja, sistem TCS juga akan membantu pengereman secara otomatis terhadap masing-masing roda sehingga menjaga mobil agar berbelok aman. Selain itu, power pada mesin juga disesuaikan agar roda tetap mempertahankan daya cengkeram.

Pengereman juga tidak dilakukan sembarangan. Setiap roda akan diberikan kekuatan rem sendiri-sendiri yang bisa jadi tidak sama kuat, tergantung dengan kebutuhan roda saat itu.

Sensor akan menilai seberapa kuat rem dibutuhkan pada satu roda. Dengan begitu, mobil tidak akan tergelincir karena roda yang tiba-tiba berhenti.

Baca Juga :