XAMPP

XAMPP

XAMPP

XAMPP atau X (Cross Platform) Apache MySQL PHP Perl adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dibuat oleh tim dari Apache Friends (www.apachefriends.org) yang fungsinya adalah untuk menjalankan program PHP, MySQL dan Perl dalam satu waktu yang bersamaan. XAMPP memudahkan para web developer untuk mengembangkan dan membuat sebuah website di local PC/Laptop, sehingga proses pembuatan sebuah website menjadi lebih aman dan cepat dibandingkan melakukan proses pembuatan website lewat online server.
Sebenarnya ada banyak sekali jenis software lain yang dapat menjalankan Apache, MySQL, danPHP. Namun karena proses instalasi dan pengembangan dari XAMPP lebih mudah, maka banyak developer web yang menyarankan untuk menggunakan XAMPP untuk menjalankan AMP (Apache, MySQL, PHP). Selain dari pada itu, XAMPP juga dapat berjalan di platform (sistem operasi) besar, seperti Macinstosh, Windows dan Linux (Ubuntu, Solaris, Debian, CeNTOS).

Mengenal Fitur XAMPP
“Lho kok langsung mengenal fitur XAMPP? Cara installnya gimana nih?“, tenang… Karena ada banyak sekali sumber artikel yang dapat Anda cari di Google tentang cara install XAMPP, maka saya gak akan menjelaskan lagi tentang cara install XAMPP disini. Kalian bisa menggunakan fasilitas Google Search untuk cara install XAMPP, baik itu install di Windows, Macintosh, atau pun Linux. OK, sekarang kita kembali ke topik utama, yaitu mengenal fitur dari XAMPP.
Hal pertama yang harus Anda ketahui, bahwa XAMPP adalah suatu software yang berjalan diatas GUI (Graphical User Interface) dalam menyajikan tampilan control panel untuk pengguna XAMPP. Hal tersebut memungkinkan para penggunanya untuk menjalankan Apache, MySQL, PHP dan Perl di waktu yang bersamaan hanya dengan melakukan klik pada tombol Start. Untuk menghentikannya pun tidak sulit, karena Anda hanya perlu melakukan klik pada button Stop untuk menghentikan masing – masing layanan yang ada di XAMPP. Layanan yang ada pada control panel XAMPP adalah Apache, MySQL, FileZilla, Mercury dan Tomcat (Glasfish Server). Masing – masing layanan memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, dan hal tersebut telah diatur oleh tim dari Apache Friends agar pengguna lebih mudah untuk menjalankan setiap layanan dari XAMPP.
Pada interface di control panel XAMPP terdapat beberapa button yang dapat Anda lihat, beberapa diantaranya adalah button Service, SCM, Status, Refresh, Explore, Help, dan Exit. Setiap button tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Untuk fungsi dari setiap button yang ada di XAMPP control panel, akan saya jelaskan di post selanjutnya.